Jumat, 17 Juni 2011

RPP pekerasan jalan raya


RENCANA PROSES PEMBELAJARAN (RPP)

1. Satuan Pendidikan           : SMK Negeri 1 Bukitinggi
    Mata Pelajaran                 : Konstruksi Perkerasan Jalan Raya
    Jurusan/Prog. Keahlian   : Bangunan/Teknik Konstruksi Bangunan
     Kelas / Semester                : III / I
    Jumlah Pertemuan           : 8 kali
     Pertemuan Ke                   : I ( dua )
    Waktu                                : 45 Menit
   
2. Standar Kompentensi    :- Melaksanakan pekerjaan jalan
3. Kompetensi Dasar          : -Mendeskripsikan pekerjaan jalan
                                               -mengetahui jenis perkerasan jalan
                                               -Mengidentifikasi lapisan perkerasan jalan
4. Indikator Pencapaian Kompetensi          :
*      Mendifinisikan  golongan jalan berdasarkan golonganya.
*      Menklasifikasikan jalan sesuia fungsinya.
*      Mendefinisikan istilah dalam perkersaan jalan.
*      Mendefinisikan bagian bagian perkerasan jalan.
5. Tujuan Pembelajaran       :
*      Siswa mengerti dan menyebutkan pengertian dan maanfaat jalan.
*      Siwa mengklasifikasikan jalan sesuai kebutuhanya.
*      Siswa mengidentifikasi macam macam kontruksi perkerasan jalan raya
*      Siswa dapat menyebutkan lapisan lapisan perkerasan jalan raya.
     
6. Materi Pembelajaran        :
*      Pengertiaan jalan raya.
*      Penggolongan jalan.
*      Klasifikasi jalan.
*      Volume sifat lalu lintas.
*      Bagian bagian perkerasan jalan.

7. Metode Pembelajaran
*      Memberikan informasi
*      Diskusi
*      Tannya jawab
*      Tugas/tes tertulis
8. Alokasi Waktu       :           45 menit


9. Kegiatan Pembelajaran

No
Kegiatan
Metode Pembelajaran
Alokasi Waktu
Media Pembelajaran
1.






2.



















3.



Pendahuluan
a.      Salam Pembuka
b.      Mengelola Siswa
c.      Membangkitkan Motivasi
d.     Apersepsi (memberikan gambaran pelajaran perkerasan jalan raya)

Kegiatan Inti Pembelajaran
a.      Menjelaskan pengertian dan kegunaan jalan raya.
b.      Menjelaskan kepada siswa macam macam kontruksi pekerasan jalan raya.
c.      Menjelaskan geometric jalan jalan raya yang ada di perkerasan jalan raya.
d.    Menjelaskan macam macam tikungan, dengan tingkat ketajamannya dan kenyamanannya.
e.     Menjelaskan kinerja pekerasan (pavement peformace)
f.      Mendefinisikan Istilah dalam perkerasan jalan raya.
g.     Menjelaskan lapisan lapisan matrial dalam perkerasan jalan raya.

Kegiatan Penutup
a.      Menyimpulkan materi yang sudah dijelaskan kepada siswa.
b.      Menayakan komentar dan materi yang kurang dipahami
c.      Tindak lanjut
d.     Salam penutup dengan memberikan sedikit gambaran materi untuk selanjutnya.

-                                         Ceramah
-                                           Tanya
jawab





- Ceramah

















Menyimpulkan

5 menit







3 menit


2 menit



5menit


5menit



10 menit




5 menit

10 menit

3 menit
2 menit

- Papan tulis
- Spidol
-Lcd




- Papan tulis
- Spidol
-Lcd








- Papan tulis
- Spidol
-Lcd






- Papan tulis
- Spidol
-Lcd



10. Sumber Belajar  :
Arthur ,Wignall. 2003. Proyek Jalan dan Praktek. Jakarta: Erlangga.
SNI 1732-1989-F Tata Cara Perncanaan Tebal Perkerasan Jalan Raya.


11. Media
a.       White board
b.      Lcd
c.       Alat tulis dll


11. Skor penilaian
No.
Soal
Skor
A.
Keaktifan :
20
B.
a.  Soal 1
10

b.  Soal 2
10

c.  Soal 3
10
C.
Pengerjaan Modul
30
D.
PR
20

Jumlah
100
                                                                                                                       



Padang , 25 April 2011
     Diketahui / disahkan                     
     Kepala Sekolah                                                           Guru yang bersangkutan




(………………………)                                                (  Taufik Martha )
      NIP.                                                                                        NIM : 00526 / 08



      Disetujui
 Dosen Pembimbing



                                         ( Dr.Indriyati Ksumaningrum,Mpd )
                                                     NIP:
NCANA PROSES PEMBELAJARAN (RPP)

1. Satuan Pendidikan           : SMK Negeri 1 Bukitinggi
    Mata Pelajaran                 : Konstruksi Perkerasan Jalan Raya
    Jurusan/Prog. Keahlian   : Bangunan/Teknik Konstruksi Bangunan
     Kelas / Semester                : III / I
    Jumlah Pertemuan           : 8 kali
     Pertemuan Ke                   : I ( dua )
    Waktu                                : 45 Menit
   
2. Standar Kompentensi    : -Merencanakan perkerasan jalan baru (new countrukction)
3. Kompetensi Dasar          : -Mengidentifikasi harian lalulintas rata rata
                                               -Mengidentifikasi daya dukung tanah
                                               -Mengidentifikaasi daya dukung tanah
4. Indikator Pencapaian Kompetensi          :
*      Penentuan jumlah lajur.
*      Menjelaskan koefisien kendaraan berat dan ringan.
*      Penentuan berat beban sumbu kendaraan.
*      Menentukan nilai CBR.
*      Menentukan nilai factor regional.
*      Menentukan tebal lapisan minimum..
5. Tujuan Pembelajaran       :
*      Siswa dapat merencanakan perkerasan jalan baru (new countruction)
     
6. Materi Pembelajaran        :
*      Jumlah jalur dan koefisien kendaraan.
*      Anngka ekivalen beban sumbu kendaraan.
*      Lalulintas harian rata rata.
*      Daya dukung tanah dasar (DDT) dan CBR.
*      Factor regional
*      Indeks permukaan.
*      Koefisien kekuatan relative.
*      Batas batas minimum tebal lapisan perkerasan.

7. Metode Pembelajaran
*      Memberikan informasi
*      Diskusi
*      Tannya jawab
*      Tugas/tes tertulis
8. Alokasi Waktu       :           45 menit


9. Kegiatan Pembelajaran

No
Kegiatan
Metode Pembelajaran
Alokasi Waktu
Media Pembelajaran
1.






2.

















3.



Pendahuluan
e.      Salam Pembuka
f.       Mengelola Siswa
g.      Membangkitkan Motivasi
h.      Apersepsi (memberikan gambaran pelajaran perkerasan jalan raya)

Kegiatan Inti Pembelajaran
h.      Menjelaskan jumlah lajur lalu lintas dari suatu ruas jalan raya.
i.        Menjelaskan kepada siswa angka ekivalen raya.  Beban sumbu peroda.
j.       Menjelaskan lalu lintas harian rata rata dan rumus lintas ekivalen.
k.     Menjelaskan daya dukung tanah dasar (DDT dan CBR)
l.       Mendefinisikan factor regional (kelandaian)
m.   Menjelaskan lapisan lapisan matrial perkerasan dan indeks permukaan.
n.     Mennjelaskan koefisien kekuatan relative.

Kegiatan Penutup
e.      Menyimpulkan materi yang sudah dijelaskan kepada siswa.
f.       Menayakan komentar dan materi yang kurang dipahami
g.      Tindak lanjut
h.      Salam penutup dengan memberikan sedikit gambaran materi untuk selanjutnya.

-                                         
-                                         
-                                         
-                                         
-                                         
-                                         
-                                         
-                                         Ceramah
-                                        Contoh soal
-                                           Tanya
jawab




- Ceramah








Menyimpulkan

1 menit
1 menit
1 menit
2 menit



3 menit

5 menit


5menit

2menit

5menit

5 menit


5 menit



3 menit

2 menit








- Papan tulis
- Spidol
-Lcd








- Papan tulis
- Spidol
-Lcd






- Papan tulis
- Spidol
-Lcd



10. Sumber Belajar  :
Arthur ,Wignall. 2003. Proyek Jalan dan Praktek. Jakarta: Erlangga.
SNI 1732-1989-F Tata Cara Perncanaan Tebal Perkerasan Jalan Raya.
11. Media
d.      White board
e.       Lcd
f.       Alat tulis dll


11. Skor penilaian
No.
Soal
Skor
A.
Keaktifan :
20
B.
a.  Soal 1
10

b.  Soal 2
10

c.  Soal 3
10
C.
Pengerjaan Modul
30
D.
PR
20

Jumlah
100
                                                                                                                       



Padang , 25 April 2011
     Diketahui / disahkan                     
     Kepala Sekolah                                                           Guru yang bersangkutan




(………………………)                                                (  Taufik Martha )
      NIP.                                                                                        NIM : 00526 / 08



      Disetujui
 Dosen Pembimbing



                                         ( Dr.Indriyati Ksumaningrum,Mpd )
                                                     NIP:


NCANA PROSES PEMBELAJARAN (RPP)

1. Satuan Pendidikan           : SMK Negeri 1 Bukitinggi
    Mata Pelajaran                 : Konstruksi Perkerasan Jalan Raya
    Jurusan/Prog. Keahlian   : Bangunan/Teknik Konstruksi Bangunan
     Kelas / Semester                : III / I
    Jumlah Pertemuan           : 8 kali
     Pertemuan Ke                   : I ( dua )
    Waktu                                : 45 Menit
   
2. Standar Kompentensi    : -Merencanakan perkerasan bertahap (countrukction stage)
3. Kompetensi Dasar          : -Mengidentifikasi metoda analisa komponen
                                               -Mengidentifikasi metoda kontruksi bertahap
4. Indikator Pencapaian Kompetensi          :
*      Penentuan ITP tahap I 60%
*      Penentuan ITP tahap II 40%
5. Tujuan Pembelajaran       :
*      Siswa dapat merencanakan perkerasan bertahap (countruction stage)
     
6. Materi Pembelajaran        :
*      Perencanaan perkerasaan metoda kontruksi bertahap .

7. Metode Pembelajaran
*      Memberikan informasi
*      Diskusi
*      Tannya jawab
*      Tugas/tes tertulis
8. Alokasi Waktu       :           45 menit

9. Kegiatan Pembelajaran

No
Kegiatan
Metode Pembelajaran
Alokasi Waktu
Media Pembelajaran
1.







2.








3.



Pendahuluan
  1. Salam Pembuka
  2. Mengelola Siswa
  3. Membangkitkan Motivasi
  4. Apersepsi (memberikan gambaran pelajaran perkerasan jalan raya)

Kegiatan Inti Pembelajaran
a.       Menjelaskan perencanaan tahap sebelum mencapai masa fatique
b.      Menjelaskan umur rencana perkerasan tahap I sebesar 60%
c.       Menjelaskan umur rencana perkerasan tahap II sebesar 40%
d.      Contoh soal
Kegiatan Penutup
a.       Menyimpulkan materi yang sudah dijelaskan kepada siswa.
b.      Menayakan komentar dan materi yang kurang dipahami
c.       Tindak lanjut
d.      Salam penutup dengan memberikan sedikit gambaran materi untuk selanjutnya.

a.                                          
b.                                          
c.                                          
d.                                         
e.                                          



-                                         Ceramah
-                                        Contoh soal
-                                           Tanya
jawab





Menyimpulkan

1 menit
1 menit
1 menit
2 menit




5 menit

5menit

5menit


20menit


3 menit

2 menit



3 menit








- Papan tulis
- Spidol
-Lcd








- Papan tulis
- Spidol
-Lcd







10. Sumber Belajar  :
Arthur ,Wignall. 2003. Proyek Jalan dan Praktek. Jakarta: Erlangga.
SNI 1732-1989-F Tata Cara Perncanaan Tebal Perkerasan Jalan Raya.
11. Media
e.       White board
f.       Lcd
g.      Alat tulis dll


11. Skor penilaian
No.
Soal
Skor
A.
Keaktifan :
20
B.
a.  Soal 1
10

b.  Soal 2
10

c.  Soal 3
10
C.
Pengerjaan Modul
30
D.
PR
20

Jumlah
100
                                                                                                                       













Padang , 25 April 2011
     Diketahui / disahkan                     
     Kepala Sekolah                                                           Guru yang bersangkutan




(………………………)                                                (  Taufik Martha )
      NIP.                                                                                        NIM : 00526 / 08



      Disetujui
 Dosen Pembimbing



                                         ( Dr.Indriyati Ksumaningrum,Mpd )
                                                     NIP:






Tidak ada komentar:

Posting Komentar